STRUKTUR ORGANISASI DAN
BIDANG AKTIVITAS
1. Aktivitas Yayasan Madrasah
Al-Falah Cikalang Tengah saat ini dapat dilihat dalam struktur organisasi
berikut ini :
Pembina
|
:
|
KH. Adang Syarif Hidayatulloh
Ir. Taufiq Rahman
|
Ketua Yayasan
|
:
|
Dindin Wahyudin
|
Badan Kepala Administrasi & Keuangan
|
|
|
Sekretaris Umum
|
:
|
Enon Nonah
Hj. Iis Siti Badriyyah
|
Bendahara Umum
|
:
|
Dodah S.Pd
|
Pengawas
|
:
|
Dede Anwar Sumantri
Idah Saidah
|
2. Madrasah Yayasan Madrasah
Al-Falah Cikalang Tengah terbagi dalam beberapa tingkat :
a)
PAUD, No. Statistik : (masih dalam proses)
diperuntukan bagi anak-anak yang masih berumur 3 - 4 tahun.
b)
TKA, No. Statistik : 401232780071, diperuntukan bagi
anak-anak usia 5 - 6 tahun dan untuk persiapan masuk SD.
c)
TPA, No. Statistic : 411232780108, diperuntukkan bagi
anak-anak SD dari mulai kelas 1-2 SD.
d)
Madrasah Diniyah/DTA, No. Statistik : 311232780195, diperuntukkan
bagi anak-anak usia sekolah dasar kelas 3 – 6 SD dan sebagai syarat wajib masuk
SMP dan waktu belajarnya sore hari.
e)
Wustho, yang diperuntukkan bagi anak-anak SMP yang
dilaksanakan setiap Ba’da Subuh dan Ba’da Maghrib.
f)
‘Ulya, yang diperuntukkan bagi anak-anak SMA yang
dilaksanakan setiap Ba’da Subuh dan Ba’da Maghrib.
g)
Pengajian Muda-mudi yang tergabung dalam IRMC (Ikatan Remaja Muslim
Cikalang), waktunya setiap malam Senin.
h)
Pengajian Ibu-ibu yang dilaksanakan rutin setiap hari Jum’at dan
Sabtu Ba’da Ashar.
i)
Pengajian Bapak-bapak yang rutin dilaksanakan setiap malam Jum’at Ba’da
Isya setelah pengajian Riyadloh.
Konsep madrasah ini dikembangkan agar para santri
dapat dikelola dengan baik, sehingga menghasilkan mutu yang lebih baik, dengan
tujuan utama menjadi Ulama al-‘amilin, Imamal muttaqin dan pribadi muttaqin.
A.
BIDANG PENDIDIKAN
Visi, Misi Dan Strategi Dasar
1. Visi
Kondisi yang ingin diwujudkan pada tahun 2012 Yayasan
Madrasah Al-Falah Cikalang Tengah adalah bisa menjadi pusat kegiatan :
·
Pendidikan
·
Dakwah
·
Sosial
·
Ekonomi
·
Kebudayaan
Yang memberikan kontribusi terhadap masyarakat dalam
perkembangan akhlak dan kemampuan, sehingga masyarakat mampu mandiri dan mampu
berpikir juga berjiwa besar dalam menghadapi kehidupan.
2. Misi
Missi yang dibawa
oleh Yayasan Madrasah Al-Falah Cikalang Tengah adalah :
a)
Pusat pendidikan anak
dan remaja melalui penyelenggaraan TKA, PAUD, Diniyyah, dan Wustho ‘Ulya yang
bersumberkan dari Kurikulum DEPAG dan kitab-kitab kuning.
b)
Pusat pembinaan keluarga
menuju keluarga sakinah.
c)
Membangun komunitas
(masyarakat) muslim di lingkungan Yayasan Madrasah Al-Falah Cikalang Tengah
yang melaksanakan ajaran islam secara cerdas, bertahap, berencana dan
istiqomah.
3. Strategi Dasar
a) Senantiasa memelihara
dan memanfaatkan kondisi yang telah dicapai hari ini secara maksimum sebagai
modal mewujudkan hari esok yang lebih baik melalui perencanaan yang akurat,
pelaksanaan yang tepat pengawasan yang ketat serta pendanaan yang hemat.
b) Memelihara dan
mengembangkan kebersamaan serta persaudaraan (Ukhuwwah) diantara umat islam.
c) Senantiasa meningkatkan
SDM para fungsional dalam bidang akhlak, ketaqwaan, profesionalisme dan
kesejahteraan.
d) Senantiasa mempertajam
konsep dan system pendidikan yang berorientasi kepada zaman dengan basis dan
bendera system pendidikan Muhammad Rosululloh SAW.
e) Mengembangkan kerjasama
dengan semua pihak yang mempunyai niat, komitmen dan misi yang sama dengan
konsep maju bersama/win-win solution
terutama dalam pengadaan sarana dan prasarana.
f) Berpikir cerdas,
bertindak tegas, berwawasan luas.
Arah Pendidikan
a.
Kurikulum
Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum pada umumnya
(Standar DEPAG. Kota Tasikmalaya) yang biasa dipakai di PAUD, TKA, TPA,
Diniyyah, sedangkan Wustho dan ‘Ulya lebih mengacu kepada kurikulum Pondok
Pesantren yaitu dengan kitab kuning.
b.
Tenaga kependidikan
Yang dimaksud dengan tenaga
kependidikan disini adalah staf pengurus yayasan, guru dan karyawan yang
mendukung terselenggaranya proses belajar mengajar yang diambil melalui proses recruitmen tertentu sesuai dengan acceptable, capability dan accountability.
c.
Standarisasi Akhlak Dan
Standar Kegiatan Santri Minimal
1) Aqidah yang kokoh (Akar kepribadian)
o
Iman kepada Alloh
o
Iman kepada Malaikat
o
Iman kepada kitab-kitab
Alloh
o
Iman kepada para Rosul
o
Iman kepada hari Kiamat
o
Iman kepada Qodlo dan
Qodar
2) Gemar Ibadah dan Mu’amalah (Batang kepribadian)
o
Mempunyai bekal utama
untuk beramal
o
Disiplin dan istiqomah
beramal sholeh
o
Bermu’amalah dan
transaksi secara islami
3) Akhlakul Karimah (Buah kepribadian)
o
Mempunyai jiwa muttaqin
o
Berbudi luhur dan
menjadi rohmatan lil ‘alamin
0 comments:
Post a Comment